SLC BANTEN

Rabu, 26 Februari 2020

Sonic Lebak Community

Faiq : Touring pertama ke Curug Ciporolak yang sangat indah di Lebak selatan

Lebak, Kalau soal air terjun, Provinsi Banten pun termasuk daerah yang patut Anda perhitungkan untuk dikunjungi. Pasalnya, Banten juga memiliki air terjun yang alami suasananya dan masih dikelola oleh masyarakat sekitar. Air terjun Ciporolak namanya, diberi nama seperti itu karena memiliki arti yang menggambarkan keadaannya. Berasal dari kata ci atau cai yang berarti air dan porolak atau morolok yang artinya berjatuhan, jadi kalau disimpulkan, Ciporolak ya berarti air yang berjatuhan.


Air terjun yang berada di Desa Hegarmanah atau Lebak Picung, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten tersebut, memiliki sensasi indah yang membuat Anda penasaran. Bagaimana tidak, terletak di ujung selatan Kabupaten Lebak, Curug Ciporolak membutuhkan sedikit perjuangan ekstra untuk bisa dinikmati.

CIPOROLAK berasal dari kata ‘ngaborolak’ yang berarti berjatuhan atau reruntuhan. Penamaan ini merujuk pada bebatuan kecil yang sering terjatuh terbawa arus dari atas curug dan menghasilkan bunyi yang khas.

Aksesnya belum bisa dicapai menggunakan kendaraan bermotor, sehingga bagi pelancong yang hendak menjamahnya harus berjalan kaki melewati jalan setapak. Sementara tantangan lainnya ada pada jalurnya yang mengharuskan pengunjung naik-turun perbukitan, jadi bagi Anda yang berniat datang berkunjung harus mempersiapkan fisik yang prima.

Pengunjung mesti berjalan kaki mulai dari Desa Hegarmanah hingga lokasi curug. Tapi, Anda tidak perlu khawatir bosan sepanjang perjalanan, karena ada kebun teh yang membentang sangat indah dan memanjakan mata. Hijaunya perkebunan teh akan menghibur perjalanan Anda.

Setibanya di Air Terjun Ciporolak, Anda akan disambut dengan suhu yang sejuk, gemuruh air yang jatuh dari atas tebing, dan tanaman hijau yang tumbuh di sekitar curug. Tidak cukup sampai di situ saja, Anda juga akan merasa tenang dan damai, karena ada kicauan burung-burung yang terdengar seakan bersautan, air terjun yang jernih, juga masih sedikit pengunjung yang datang ke Curug Ciporolak.

Saat berada di Curug Ciporolak, Anda bisa bermain-main air, tapi mesti berhati-hati karena bagian tengah kolam kedalamannya tidak terduga, beberapa traveler yang pernah berkunjung mengatakan kolam di bawah air terjun sangat dalam dan berbahaya bagi keselamatan. Jadi, untuk berjaga-jaga sebaiknya pengunjung hanya bermain air di pinggiran kolam atau tepiannya saja.

"Ini pengalaman pertama Touring bersama Kawan-kawan dari SLC Banten ke wisata Curug Ciporolak di Cibeber Lebak Banten yang memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika berada di kota Lebak tidak mengunjungi Wisata Curug Ciporolak di Cibeber Lebak Banten yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut" Ujar Faiq Selaku Member SLC Banten.

Itulah sedikit gambaran tentang keindahan Air Terjun Ciporolak atau lebih dikenal juga dengan sebutan Curug Ciporolak yang merupakan salah satu potensi besar bagi industri pariwisata di Kabupaten Lebak. Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat dan memberikan tambahan opsi untuk liburan anda selanjutnya ketika berkunjung ke Lebak Selatan.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »