SLC BANTEN

Senin, 20 Juli 2020

Sonic Lebak Community

Mengenal Sensor O2 pada motor Honda

Rangkasbitung, Banten Tips kali ini mengenai Sensor O2. Apabila Kawan merasa Motor menjadi boros dari sebelumnya & sudah melakukan segala tune up tetapi masih aja kurang maximal. Coba cek & bersihkan sensor O2 dengan penetrant, amplas atau sikat kawat lembut. Karena letak sensor O2 yg berada di leheran knalpot maka seiring waktu sensor tersebut akan tertutup lapisan kerak karbon sisa pembakaran. 


Gambar : Sensor O2 Honda Sonic 150r

Gini penjelasannya:

Apabila lapisan kerak karbon bertumpuk disensor O2. Maka lubang sensor tidak akan mendeteksi jumlah oksigen dengan tepat. Kemungkinan besar jumlah oksigen yang dideteksi lebih sedikit dari yang seharusnya.

Kemudian informasi ini dikirimkan ke ecu. Karena ecu mendapatkan false signal berupa informasi jumlah oksigen yang sedikit, maka ecu memutuskan untuk menambahkan lebih banyak bensin ke ruang bakar dari sebelumnya (running rich) dimana akan sangat mempengaruhi performance.

Jadi apabila ingin selalu irit, penting untuk menjaga sensor O2 untuk selalu tetap bersih agar informasi sensor selalu akurat, dan yang lebih penting adalah karena informasi sensor akurat sehingga menghasilkan fuel/air mixture yg lebih sempurna yang akan berefek ke performa mesin meningkat.

Coba aja bersihkan 1 dulu (posisi atas) karena posisinya lebih mudah dibersihkan apa algi yang sering mengganti knalpot dan jangan lupa untuk reset ECU. 

Selamat mencoba.

Semoga berguna
SLCID0017

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »